Cara memperbaiki water level mesin cuci samsung WA80V4


Pada pagi hari tepatnya pada hari minggu mungkin semua orang tau bahwa hari tersebut adalah hari dimana orang akan beristirahat. Karena hari tersebut saya kepingin niat hati ingin mencuci pakaian. Oke, pakaian yang mau dicuci sudah dengan sabar menanti di dalam mesin cuci bertipe top load ini. Menyusul detergen yang tidak ingin ketinggalan. Colok ke listrik, tekan tombol ON, dan berbunyi “ting” tanda mesin cuci telah hidup dan siap beroperasi.Begitu mau memilih “water level” (tingkatan banyaknya air yang ingin digunakan untuk mencuci), tombol udah ditekan-tekan koq ga bisa ya? Entah ngadat; entah ngambek.

Coba dimatikan, dan dinyalakan kembali tetap tidak bisa memilih “tingkat air” yang diinginkan. Saya coba tekan “Water Level” bersamaan dengan “Function” karena berfikir “bisa saja tombolnya terkunci. Juga tidak menyelesaikan masalah. Saya coba LAGI tekan “Water Level” bersamaan dengan “Function” tapi kali ini bersama tombol ON/OFF (tiga tombol sekaligus yang ditekan); jreeeng! Muncul kode Error E9.Hasil browsing di Google untuk mengetahui apa makna kode Error mesin cuci Samsung WA80V4 8.0kg, dan ternyata kode E9 menunjukan bahwa Filter (saringan) Air harus dibersihkan.

Akhirnya saya copot filter air yang ada di dalam tabung. Saya buka dan memang banyak serat kain (atau debu ya?) tertinggal di sana. Membersihkannya mudah saja. Siram dengan air, kemudian sikat hingga bersih lalu bilas. Pasang lagi ke tempat semula. Dan tadaaa! Seperti magic, Fully Automatic Washing Machine bisa dioperasikan kembali!

Demikianlah cara memperbaiki water level mesin cuci samsung WA80V4 semoga bermanfaat terima kasih.