Pengertian dan gambaran PLC


Perkembangan teknologi elektronika, komunikasi dan teknologi informasi telah banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan guna membantu memudahkan pekerjaan manusia sebagai user atau pengguna. Tidak terkecuali dalam bidang sistem kendali dengan memanfaatkan teknologi tersebut dalam bidang usaha, proses produksi di industri atau dalam bidang akademik. Teknologi elektronika semikonduktor telah menghasilkan berbagai macam komponen yang difungsikan sebagai pengendali berbagai macam peralatan (Control System Devices) yang dapat bekerja secara otomatis, seperti mikroprosessor, mikrocontroller termasuk programmable logic control (PLC).

Lebih banyak aplikasi PLC sebagai device sistem kendali dimanfaatkan dalam bidang industri karena kemudahaannya untuk dipelajari dengan maintenance yang murah dan sederhana dalam semua jenis kendali proses. Karena kemudahannya, banyak vendor memproduksi berbagai merek dan tipe PLC walaupun pada dasarnya hampir mirip dalam prisip kerjanya. Artikel ini memberikan bekal bagi para pemula,siswa, mahasiswa, akademis ataupun praktisi tentang pengetahuan dan konsep dasar sistem kendali serta aplikasi PLC merek omron dan cara memprogramnya. Blog ini juga memberikan pengetahuan tentang dasar gerbang logika, peralatan dan rangkayan dasar sistem kendali konvensional berupa sistem kontektor

Control motor listrik induksi 3 fasa merupakan bagian dari aplikasi PLC dalam pembblog ini dikategori PLC yang meliputi oprasi rangkayan kendali dari berbagai tempat, rangkayan kendali berurutan, rangkayan kendali berurutan bergantian, rangkayan kendali membalik arah putaran motor, rangkayan kendali pengasutan(star/delta) dan beberapa aplikasi internal relay(timer), counter PLC dalam rangkayan rankayan tersebut.

Demikianlah artikel tentang pengertian dan gambaran tentang plc semoga bermanfaat terima kasih.