Tutorial cara pengisian akumulator (AKI) dengan menggunakan battery charger


Akumulator atau storage battery bila diartikan secara wajar ialah gudang listrik. Jadi gudang ialah tempat menyimpan sesuatu, pada saat saat tertentu dapat diambil simpanan tersebut. Oleh sebab itu akumulator adalah gudang tempat penyimpanan tenaga listrik yang pada saat tertentu dapat diambil untuk keperluan pemakaian tenaga listrik, misalnya : radio transistor, tape recorder, televisi dan sebagainya.

Sebelum akumulator digunakan tenaganya, terlebihi dahulu harus di isi arus listrik dari luar. Alat pengisi akumulator disebut (sumber listrik pengisi) Battery charger.


Cara pengisian akumulator dengan menggunakan battery charger adalah sebagai berikut :

1. Buka tutupnya dari tiap tiap sel akumulator.

2. Tuangkan air aki sampai batas tertinggi (uper level) atau diatasnya alectrode aki.

3. Sambung kutub positip akumulator dengan terminal positip  sumber listrik pengisi, begitu pula kutup negatip akumulator dengan terminal negativ sumber listrik pengisi.

4. Sambung sumber listrik pengisi dengan jaring jaring arus tukar.

5. Tekan tombol ON dan putarlah alat pengisian, sambil melihat penunjukkan ampere meter sampai pada batas arus pengisian yang dikehendaki sesuai dengan kemampuan akumulator.

6. Biarkan arus pengisian berlalu hingga 24 jam lamanya.

7. Bila telah penuh, putarlah alat pengatur pengisian ke kiri hingga ampere meter menunjuk nol,  selanjutnya tekanlah tombol off.

8. Lepaskan kawat kawat penyambung dan tutup kembali sel selnya.

9. Akumulator telah siap dipakai sebagai sumber tenaga listrik.

Akumulator telah siap untuk digunakan keperluan penerangan lampu mobil atau pesawat listrik lainnya.

Demikianlah cara pengisian akumulator atau AKI semoga bermanfaat terimakasih semoga dapat membantu anda dan menambah wawasan anda